Hotel merupakan salah satu pergerakan dibidang industri pariwisata yangmemiliki potensi yang baik dan cepat sekali dalam perkembangannya seiringdengan berkembangnya kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang berkembangjuga. Kini hotel berkembang dengan berbagai macam fasilitas seperti boutiquehotel, fitness center, swimming pool dengan air hangat, spa, sauna, sport centerdan sebagainya yang merupakan fasiltas yang sangat dibutuhkan untukmemuaskan para tamu. Untuk memberikan kepuasan kepada tamu ada beberapahal yang menjadi elemen penting dibelakangnya, yakni dari pihak karyawan danpimpinan yang mengelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapabesar pengaruh variabel motivasi dan variabel kepemimoinan terhadap kinerjakaryawan Hotel Pramesthi Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode obeservasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaandengan menggunakan skala likert dan populasi yang ada dalam penelitian iniadalah semua karyawan Hotel Pramesthi Kartasura. Sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode probability samplingsebanyak 33 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi liniarberganda (multi liniar regression). Dari kedua variabel tersebut variabelkepemimpinan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kinerja karyawanHotel Pramesthi Kartasura dengan nilai koefisien sebesar 0,561.
Copyrights © 2020