Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2018)

PENGARUH MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA TIMUR

Sukardi Sukardi (Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Adanya permasalahan tentang kesulitan menulis deskripsi membuat penelitian ini berusaha untuk memberikan solusinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar fotografi terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas XI. Era modern ini beberapa siswa menyukai atau hobi dengan fotografi, sehingga dilakukan eksperimen dengan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design quasi eksperimental dengan menghitung menggunakan sofware SPSS 16. Pada penelitian ini menggunakan populasi kelas XI SMA Muhammadiyah 23 Jakarta Timur ± 62 siswa. Kemudian dilakukan random sampling dengan mengundi kelas yang akan dijadikan sampel. Maka didapatkan kelas sampel XI IPA 1 dengan jumlah sampel 25 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Diketahui dari 25 responden nilai signifikan untuk pre-test sebesar 0,319 dan nilai signifikan untuk post-test sebesar 0,212. Nilai signifikan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 0,05. Maka nilai signifikan pre- test 0,319> 0,05 dan nilai signifikan post-test 0,212> 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Nilai t hitung sebesar -2,818 degan signifikan 0,010. Nilai signifikan 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis deskripsi sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test). Dapat dinyatakan bahwa media gambar fotografi dapat dijadikan salah satu cara pembelajaran menulis deskripsi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...