Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2019)

PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA SMP

Oktavia Juliana Damanik (Unknown)
Sadieli Telaubanua (Unknown)
Ramadhan Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 pancurbatu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari kriteria ini Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus I belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan pada siswa. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 63,8 dan KKK siswa yang tuntas 20% (5 siswa) dan yang tidak tuntas 80% (20 siswa). Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan siswa. Hal ini dapat terlihat pada perolehan jumlah skor rata-rata 83,4 dan KKK siswa yang tuntas 88% (22 siswa) dan yang tidak tuntas 12% ( 3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negri 3 Pancurbatu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...