Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education
Vol 1 No 1 (2019): Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education

Profil Antisipasi Siswa SMP/MTs dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Maswar Maswar (Universitas Ibrahimy Situbondo)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil antisipasi siswa SMP/MTs dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematika. Antisipasi pada penelitian ini mengacu pada antisipasi bentuk forseeing, yang meliputi 5 jenis tingkatan antisipasi, yaitu (1) impulsive anticipation, (2) interiorized anticipation,(3) tanacious anticipation,(4) analytic anticipation, and (5) exploratif anticipation.. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 siswa perempuan kelas VIII SMP dan 2 siswa perempuan kelas VIII MTs. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian tugas pemecahan masalah aljabar dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil antisipasi siswa pada subjek perempuan berkemampuan tinggi (SPT) diklasifikasikan sebagai analytic anticipation. Kemudian, profil antisipasi siswa pada subjek perempuan berkemampuan sedang (SPS) diklasifikasikan sebagai interiozed anticipation. Sedangkan, profil antisipasi siswa pada subjek perempuan berkemampuan rendah (SPR) dalam memecahkan masalah aljabar diklasifikasikan sebagai interiozed anticipation.. Kata Kunci: Antisipasi, Pemecahan Masalah Aljabar, Kemampuan Matematika Abstract This study is aimed to describe anticipation profile of Junior High School Students in solving algebra problem based on mathematical ability difference. Anticipation in this study refers to anticipate the type of foreseeing as follows: (1) impulsive anticipation, (2) tanacious anticipation, (3) interiorized anticipation, (4) analytic anticipation, and (5) exploratif anticipation.. The Subjects of this study is consisted of three female students of 8^th class at SMP/MTs. The technique of collecting data applied in this study are task giving and interview. The results of this study showed that the anticipation profile of students on high-ability female subjects (SPT) was classified as analytic anticipation. Then, the anticipation profile of students on moderate-ability female subjects (SPS) was classified as interiozed anticipation. Meanwhile, the anticipation profile of students on low-ability female subjects (SPR) are classified as interiozed anticipation Key words: Anticipation, Algebra Problem Solving, Mathematical Ability

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mass

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education (E-ISSN: 2721-1746 dan P-ISSN: 2721-172X) terbit perdana pada bulan Desember 2019. Jurnal ini dikelola oleh Tadris Matematika, Tadris IPA, dan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember. Jurnal ...