Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Sonia Khumaira Dehani (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa melalui bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan Jenis Penelitian Studi Kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dikarenakan di dalam Lembar Kerja Siswa tersebut terdapat: (1) Memfasilitasi peserta didik untuk mengkonstruksikan pengetahuan peserta didik melalui representasi yang beragam, (2) Peserta didik dilatih untuk mengerjakan soal yang terdapat dikehidupan sehari hari melalui representasi yang beragam, (3) Peserta didik dapat termotivasi karena metode tersebut membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. (4) Peserta didik dapat menjunjung tinggi arti kebersamaan, kekompakan dan kerja sama. (5) Selain dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa, metode ini juga sekaligus dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah serta kemampuan komunikasi matematis siswa dalam proses pembelajarannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...