Jurnal Ilmiah komunikasi
Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020

Hubungan Antara Kualitas Gambar dan Jalan Cerita Terhadap Nilai Estetika pada Webtoon (Studi Pada Webtoon Periode Januari – Juni 2019).

Dwi Putri Tanjung (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)
Fatimah Darmansa (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Tujuan penulis mengambil topik ini untuk mengetahu hubungan antara kualitas gambar dan jalan cerita terhadap niali estetika pada webtoon. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatanya yaitu kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah Webtoon yang terdaftar pada Januari – Juni 2019. Sampel dan penelitian yang diteliti dengan menggunakan karyawan Mr Blue Indonesia. Pengukuran dilakukan dengan uji validasi, uji reabilitas, uji normalitas, uji chi square. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika kualitas gambar memiliki hubungan dengan nilai estetika dengan 19 orang (63,33%) setuju jika hal ini berhubungan dan 11 orang (36,6%) mengatakan tidak berhubungan. Alat ukur menggunakan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika jalan cerita tidak memiliki hubungan dengan nilai estetika estetika dengan 15 orang (50%) setuju jika hal ini berhubungan dan 15 orang (50%) mengatakan tidak berhubungan . Diharapkan para komikus kedepannya dapat membuat komik dengan ide dan jalan cerita yang unik dan menarik sehingga para pembaca tertarik dan memberikan dukungan pada Webtoon tersebut. Dan untuk pihak Webtoon sendiri diharapkan memberikan pelatihan dan evaluasi kepada komikus mereka, agar karya yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi dan bisa menarik banyak pembaca baru untuk menjadi pembaca setia Line Webtoon.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jikom1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu ...