Jurnal Ilmiah komunikasi
Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018

Upaya IDX Channel Melalui Program “IDX Market Opening” Guna Menginformasikan Fluktuasi Perdagangan Pasar Modal

Saviera Amalia (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)
Veronika Setyadji (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Banyaknya jumlah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, membuktikan bahwa pasar modal di Indonesia berkembang pesat. Hal tersebut mendorong para pengusaha untuk mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan mendalam seputar pasar modal melalui media massa, yaitu IDX Channel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya IDX Channel melalui program “IDX Market Opening” dalam menginformasikan fluktuasi perdagangan pasar modal serta mengetahui proses produksi program “IDX Market Opening”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan tiga informan yang mempunyai peran besar dalam penelitian ini, serta data dari dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa program “IDX Market Opening” melakukan upaya melalui beberapa treatment program untuk mempermudah pemirsa dalam menerima informasi, diantaranya talkshow dengan analis pasar modal, merekomendasikan saham, menampilkan grafis-grafis pendukung untuk menggambarkan fluktuasi perdagangan pasar modal, dan menampilkan paket-paket berita. Program “IDX Market Opening” dapat dikatakan sudah memenuhi kaidah Standard Operational Program (SOP) Alan Wurtzel (pra produksi, set up dan rehearsal, dan produksi) kecuali pada tahap pasca produksi, sebab program IDX Market Opening tidak ditayangkan secara tapping yang pada tahapannya melalui proses rekam dan editing, melainkan secara langsung (live).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jikom1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu ...