JURNAL GIZI DAN KESEHATAN
Vol 7 No 16 (2015): JURNAL GIZI DAN KESEHATAN

HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN PENURUNAN KETAJAMAN PENGLIHATAN ANAK SEKOLAH DI SD SANTO ANTONIUS 02 BANYUMANIK SEMARANG

Rozi, Ahmad Fahrur (Unknown)
Rosalina, Rosalina (Unknown)
Novitasari, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2015

Abstract

Penurunan tajam penglihatan pada anak usia sekolah merupakan masalah kesehatanyang penting. Kelainan refraksi biasa disebabkan oleh adanya faktor kebiasaan membacaterlalu dekat, pencahayaan, durasi, posisi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hubungan kebiasaan membaca denganketajaman penglihatan pada anak usia sekolah SD Santo antonius Banyumanik,Semarang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian casecontrol atau kasus control. Penelitian telah dilakukan di SD Santo AntoniusBanyumanik, Semarang pada agustus 2015 dengan jumlah popolasi 490 denganmengunakan teknik Sampling Purposive di dapatkan sampel 84 responden Alatpengambilan data menggunakan kartu snellen dan kuesioner. Analisa data yangdigunakan adalah Chi Square .Hasil uji Chi Square didapatkan p value 0,047≤0,05 sehingga ada hubungan yangsignifikan antara Kebiasaan Membaca Dengan Penurunan Ketajaman Penglihatan di SDSanto Antonius 02 Banyumanik Semarang.Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa siswi SD Santo Antonius 02Banyumanik Semarang mengubah kebiasaan membacanya yang salah menjadi benar danberkurang angka kejadian anak mengalami penurunan ketajaman penglihatan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JGK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Materials Science & Nanotechnology Public Health Other

Description

Jurnal Gizi dan Kesehatan adalah terbitan berkala nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang gizi dan kesehatan. Jurnal Gizi dan Kesehatan diharapkan dapat menjadi media untuk menyampaikan temuan dan inovasi ilmiah di bidang gizi dan kesehatan kepada para praktisi di bidang ...