eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2019): Juni

PENGEMBANGAN MATERI SAINS SD/MI DENGAN PENGGUNAAN MODUL DALAM PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Syahru Ramadhan (IAI Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Dalam artikel ini menjelaskan bahwa pembelajaran Sains menuntut siswa tidak hanya sekedar menghafal fakta tetapi jugapengaplikasiannya dalam kehidupan nyata. Pada pembelajaranIPA materi gaya dan gerak, anak dituntut untuk berinteraksilangsung dengan lingkungan termasuk pada kegiatan sehari-harianak sehingga pembelajaran tersebut menjadi lebih bermakna.tercapainya tujuan pembalajaran sains di sekolah dasar, salahsatunya menggunakan pendekatan pembelajaran dan bahan ajaryang tepat. Salah satu pendekatan yang sesuai yaitu menggunakanpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)dan modulyang kami gunakan sebagai bahan ajar. Pendekatan pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsepbelajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yangdiajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswamembuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya denganpenerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluargadan masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...