Pendidikan merupakan bagian penting dari sebuah peradaban. Semakin maju pendidikan masyarakat maka akan semakin maju pula perkembangan pembangungan pada wilayah tersebut. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan yang ada di Desa Pusong aceh. Populasi penelitian sebanyak pendududuk di Desa Pusong. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2018. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi aktual warga belajar dan pendekatan kualitatif dipergunakan untuk menguji efektivitas model yang dikembangkan dengan menggunakan metode observasi yang langsung turun ke lapangan penelitan. Penelitian ini menunjukkan hasil: pertama, memiliki tingkat kebutuhan pendidikan yang layak di Desa ini. Kedua, sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi, budaya dan sumber daya lokal; dan ketiga, kebermaknaan model pengelolaan program arahan yang dikembangkan berdampak pada pendidikan di Desa Pusong sehingga memiliki motivasi belajar dan berusaha untuk mensinergikan antara pekerjaan dengan pendidikan sekolah.
Copyrights © 2019