Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan regresi antara Kebiasaan Membaca Berita Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis peserta didik SMA. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu Metode Survei. Subjek uji coba lapangan dengan para responden yaitu siswa/i SMA NEGERI di Kota Langsa, dengan teknik random stratified sampling yang digunakan. Data ini dianalisis dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23 melalui analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kebiasaan membaca berita berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil ini dinyatakan dengan uji t yang memiliki nilai signifikansi sebesar, 003. Dengan terbukti berpengaruhnya kebiasaan membaca berita terhadap keterampilan berfikir kritis, maka peneliti merekomendasikan kepada para pembaca terkhususnya Guru untuk mengarahkan dan menyongsong minat serta kebiasaan membaca berita terhadap peserta didik.
Copyrights © 2020