SMART ANKes
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang

Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka

Edi, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Pendahuluan Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal, terutama yang berkaitan dengan pelayanan dasar, baik daerah maupun daerah kab,dari hasil rekapitulasi data pengunjung yang ada di Puskesmas Petaling, angka pencapaian pasien rawat jalan yang berkunjung ke Puskesmas Petaling Tahun 2015 adalah 8.532 jiwa (6,9%).Pada tahun 2016 jumlah pengunjung yang datang ke Puskesmas Petaling sebanyak 14.928 jiwa (9,7%), dan pada tahun 2017 sebanyak 17.426 jiwa (10,6%), dengan jumlah pasien yang berusia 19-64 tahun sebanyak 5.150 orang. Dari data yang ada dapat dilihat bahwa selama 3 tahun terakhir jumlah pengunjung Puskesmas Petaling mengalami peningkatan dari tahun 2015 – 2017. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Tahun 2018”.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang datang berkunjung ke Puskesmas Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka tahun 2018 khusus yang berdomisili di Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka yang berusia 19-64 tahun berjumlah 5.150, sampel 150 responden, teknik accidental random sampling. Tingkat keandalan (reliability) baik harapan maupun persepsi pelayanan yang diterima dengan rata-rata dimensi tingkat kesesuaian 87,79%, Tingkat ketanggapan (responsiveness) baik rata-rata dimensi tingkat kesesuaian 90,09, Tingkat jaminan (assurance) baik rata-rata dimensi tingkat kesesuaian 89,04%,Tingkat empati (empaty) baik rata-rata dimensi tingkat kesesuaian 77,73%. Agar manajemen Puskesmas lebih memperhatikan kekurangan kebersihan, kerapian dan kenyamanan ruang pengobatan supaya terjaga dengan baik, Kata Kunci: Analisis Kepasan pasien, Kualitas Pelayanan, rawat Jalan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

SMART ANKes adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Kesehatan STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang. Jurnal ini membuat naskah-naskah hasil penelitian ilmu kesehatan masyarakat, review hasil penelitian, metode dan pendekatan baru dalam penelitian kesehatan. Jurnal SMART ANKes membuat hasil ...