LIBRIA: Library of UIN Ar-Raniry
Vol 12, No 1 (2020): LIBRIA: LIBRARY OF UIN AR-RANIRY

Pengembangan Koleksi pada Perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang

Wijatiningsih, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan koleksi pada perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang. Fokus penelitian ini pada proses seleksi, pengadaan buku baru atau dan kerjasama dengan agen juga pihak sekolah kebijakan penyiangan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Informan pada penelitian ini dipilih satu orang staff perpustakaan dengan nama Uci Febriani., S.Hum. Hasilnya Perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang  dalam melakukan pengembangan koleksi telah sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah yang ada, mulai dari peroses seleksi, pengadaan buku baru atau dan kerjasama dengan agen juga pihak sekolah kebijakan penyiangan, hingga evaluasi. Hasil yang diperoleh juga menunjukan adanya kerjasama dalam pengadaan koleksi, dengan agen, siswa, dan juga guru dalam penentuan bahan yang akan dipesan. Staff perpustakaan yang menyeleksi buku-buku yang ingin diadakan juga tidak memiliki egois yang tinggi untuk mengikuti kemauan pribadi untuk mengadakan buku yang staff perpustakaan inginkan saja. Jadi, pustakawan penyeleksi di perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang bekerja secara professional. Selain hasil tersebut juga ditemukan beberapa kendala pada saat pengadaan koleksi yaitu; agen memberikan pesanan yang tidak sesuai, agen memburui untuk dalam pembayaran, dan tidak mudahnya melakukan pengadaan.Kata Kunci : pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah, SD    Islam Hidayatullah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

libria

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal specializes in any topics and subjects related to the Librarianship, information and documentation, also it present the subjects and topics related to archives and ...