HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 35 No 2 (2018)

Kemampuan Mengeksplorasi Bahan Bekas pada Mahasiswa PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya melalui Project Based Learning

Anies Listyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan mengeksplorasi bahan bekas pada mahasiswa PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif. Kreativitas adalah salah satu syarat mutlak bagi calon guru PAUD. Kemampuan kreativitas dapat diketahui dengan berbagai cara, salah satunya cara mengeksplorasi bahan bekas. Mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Kreativitas dan Keberbakatan sejumlah 16 anak sebagai subjek penelitian. Setiap subjek mendapatkan projectuntuk melakukan eksplorasi terhadap satu macam bahan bekas untuk dijadikan tujuh macam produk. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data dengan cara mengidentifikasi proses berpikir kreatif yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) persiapan 2) perenungan 3) penemuan ide 4) verifikasi. Dari hasil observasi dan wawancara dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa PG-PAUD Universitas PGRI Surabaya menpunyai kreativitas yang cukup mampu dalam mengeksplorasi bahan bekas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...