Artikel ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis, (2) untuk menggambarkan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis; dan (3) mendeskripsikan keterakaitan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumenya, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis. Data dalam penelitian ini yaitu skor keterampilan membaca pemahaman dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis yang tedaftar pada tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 168 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakuakn dengan teknik propotional random sampling. Hasil dan pembahasan artikel ini yaitu siswa masih kesulitan dalam menulis teks eksposisi terutama dalam pemilihan diksi yang tepat. Siswa kesulitan dalam menuangkan fakta-fakta dalam tulisan. Dalam membaca pemahaman siswa masih kesulitan dalam menentukan isi yang terdapat dalam bacaan. Katerampilan menulis memberikan sumbangan yang sangat signifikan terhadap keterampilan membaca. Oleh karena itu, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis memberikan koresional atau hubungan terhadap teks eksposisi tersebut.
Copyrights © 2020