Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 2, No 1 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

PENGARUH STRATEGI PRE-WRITE, ORGANIZE, WRITE, EDIT, REVISE DAN SHARE (POWERS) DALAM KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDIT BAITURRACHMAN

Asih Rosnaningsih (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Prismawinda Ane (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Alifa HAJ (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

AbstrakKemampuan menulis adalah keterampilan menuangkan pikiran, pendapat, gagasan, dan juga perasaan dalam bentuk tulisan sehingga orang yang membaca dapat memahami isi dan pesan dapat tersampaikan dengan baik. Kemampuan menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dikuasi siswa dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi POWERS terhadap kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi-Experimental design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis dalam bentuk essay. Hasil menunjukkan bahwa: (1) hasil pretest t-hitung 1,723 < t-tabel 2,001atau H0 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) hasil posttest thitung 2,622 > t-tabel 2,001 atau H1 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan strategi POWERS. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi POWERS dapat mempengaruhi kemampuan siswa menulis essay dalam Bahasa Inggris. Kata Kunci: Startegi POWERS, Kemampuan Menulis, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstractThe ability to write is a skill to express thoughts, opinions, ideas, and feelings in writing so that people who read can understand the contents and messages can be conveyed properly. Writing ability is a language skill that students must master well. The purpose of this study was to determine the effect of using the POWERS strategy on students' ability to write English. This research uses a quantitative approach with a Quasi-Experimental design method. The instrument used in this study was an essay writing ability test. The results show that: (1) pretest results of t-test 1.723 t-table of 2,001 or H1 are accepted that is, there are differences in writing skills between the control class and the experimental class after using the POWERS strategy. Based on these results, it can be concluded that the POWERS strategy can affect students' ability to write essays in English. Keywords: POWERS Strategy, Writing Ability, English Learning

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...