Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca khususnya membaca pemahaman di SD Negeri 002 Kuok. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman dengan strategi PQ4R lebih tinggi daripada keterampilan membaca pemahaman dengan strategi KWL. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,038) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh strategi PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan strategi KWL, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021