Evaluasi hasil belajar merupakan salah satu indicator kemampuan mahasiswa dalam memahami dan melaksanakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Pada proses belajar mengajarada berbagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa , salah satunyaadalah dengan metode pembelajaran Talking Stick.Salah satu mata kuliah pokok dalam kebidananadalah Asuhan Nifas dan Menyusui.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran talking stick pada mata kuliah Asuhan Nifas dan Menyusui terhadap hasil Belajar.Rancangan penelitian ini mendekatan Quasy Eksperimen dengan pendekatan Pre Test Post Test TwoGroup Design. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 3 sejumlah 29mahasisawa.Sampel sebanyak 28 mahasiswa.Intrumen penelitian ini mengggunakan kuisioner.Hasilpenelitian dianalisis menggunakan uji Man Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilbelajar sebelum diberikan perlakuan hampir seluruhnya (92,9%) tidak lulus, dan pada kelompokkontrol sebagian besar tidak lulus (64,3%). Setelah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol danperlakuan seluruhnya lulus (100%). Hasil uji ststistik diperoleh P value :0,02 dengan (P Value <α:0,05). Sehingga ada pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick pada mata kuliah asuhan nifas danmenyusui terhadap hasil belajar pada mahasiswa semester 3 Prodi kebidanan (D.III) UniversitasKadiri tahun 2016. Media Talking Stick bisa menjadi salah satu alternative media pembelajaran untukmeningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2019