Jurnal Sitakara
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Sitakara

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 13 PALEMBANG

Yuspar Uzer (Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Abstrak Proses pembelajaran membutuhkan peran serta guru dalam memilih dan menentukan suatu model pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi sehingga dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa untuk memahami konsep dari materi yang diberikan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence di siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas di siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang sangat signifikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen true experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran complete sentence berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t dengan hasil 5, 68 > 1,671, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Complete Sentence, Menulis teks berita

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...