Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 NEGARA DENGAN PENDEKATAN DRIL

Eko, Listiwikono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa masih tergolong rendah; (2) Aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Dril. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif  analitis. Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) aktivitas belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan keaktifan belajar  siklus I, dan II dengan rata-rata dari 77%  menjadi 94%   (2) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dapat dikatakan efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IX A  SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II dengan rata-rata kelas meningkat, yaitu: dari 76  menjadi 78   serta ketuntasan belajar klasikal juga meningkat, yaitu: dari 67 %,  menjadi 86%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...