Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN PAPEL INTERAKSI PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN 03 PANCUR BERBASIS LESSON STUDY

Brian Priyangga (Unknown)
Sri Utaminingsih (Unknown)
Deka Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa menggunakan model circuit learning berbasis lesson study di kelas V SDN 03 Pancur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa siklus I memperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Keterampilan guru siklus I mencapai 73%, pada siklus II 90%. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model circuit learning berbantuan papel interaksi berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 03 Pancur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...