Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI MILENIAL DI ERA 4.0

Deka Oktaviana (Unknown)
Yulleila (Unknown)
Maryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2021

Abstract

Era revolusi 4.0 saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Untuk memasuki era 4.0., diperlukan sumber daya manusia yang memadai, seperti yang dijelaskan Trina Fizzanty peneliti P2 KMIptekin LIPI, mengenai kondisi Indonesia dalam awal era Revolusi Industri 4.0. Indonesia memiliki bonus demografi dan dengan profil penduduk pengguna internet yang mencapai 54,68%, yaitu 143 juta dari total 243 juta penduduk. Namun, Indonesia masih perlu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesiapan Generasi Milenial Menghadapi Era 4.0 melalui Penerapan pembelajaran berbasis E-Learning di MAN Insan Cendekia Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Guru di MAN Insan Cendekia Jambi telah mendapatkan sosialisasi tentang penerapan e-learning, serta sudah menerapkan pembelajaran e-learning kepada siswa di MAN Insan Cendekia Jambi. Sedangkan bagi siswa, siswa selalu membawa dan menggunakan laptop dalam pembelajaran sehari-hari, media-media pembelajaran e-learning telah dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Jambi dalam pembelajaran e-learning-nya, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran e-learning sudah sangat maksimal penggunaan dan pelaksanaannya, Pembelajaran e-learning membawa dampak yang sangat positif bagi siswa, dan e-learning merupakan bentuk pembiasaan teknologi yang baik disadari ataupun tidak, akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mempersiapkan generasi milenial menghadapi era 4.0.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...