KLITIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2020)

PERSEPSI PERSERTA DIDIK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19

Siti Nurmaliah (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra - Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Pandemi virus Covid-19 memberikan dampak yang signifikan di bidang pendidikan, salah satunya dengan pelaksanaan pembelajaran daring dengan penggunaan media tertentu. Penggunaan media daring berbasis web menjadi suatu hal yang penting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeksprisikan persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru di SMAN 3 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada delapan siswa kelas XII SMAN 3 Kabupaten Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki persepsi tersendiri mengenai keefektifan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan secara daring, yaitu (1) persepsi siswa terhadap keefektifan media video pembelajaran Youtube adalah waktu menonton yang fleksibel dan video yang bisa diulang-ulang, (2) persepsi siswa terhadap ketidakefektifan media Youtube adalah tidak ada interaksi dan kendala jaringan internet, (3) persepsi siswa terhadap keefektifan media pembelajaran Google Meet adalah adanya interaksi secara langsung antara siswa dan guru, (4) persepsi siswa terhadap ketidakefektifan Google Meet adalah keterbatasan waktu, kendala jaringan, dan pasifnya pastisipasi siswa, dan (5) persepsi siswa terhadap media Google Classroom adalah sudah efektif dan membantu proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

klitika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the fields of the ...