KLITIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2020)

Pendidikan Berbasis Produk dalam Meningkatkan Literasi Anak Menuju Generasi Emas 2045

Nurul Lutfhi Aulia (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI)
Aswan Aswan (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI)
Afina Naufalia (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Kualitas sebuah generasi dilihat dari kualitas sebuah pendidikan. Maraknya isu mengenai generasi emas 2045 saat ini, memberikan harapan kepada generasi milenial untuk mempersiapkan generasi emas yang berpendidikan dalam mengahdapi permasalahan dunia yang semakin kompleks. Dalam mempersiapkan generasi yang berpendidikan, diperlukan aspek yang menunjang hal tersebut. Salah satunya adalah keterampilan membaca. Sayangnya, tingkat literasi masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak masih di bawah rata-rata. Mengingat pengaruh perkembangan zaman, dapat diprediksi generasi mendatang akan canduteknologi dan melupakan literasi. Agar tidak terjadi hal tersebut, penelitimelakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan literasi anak dengan pendidikan berbasis produk. Di zaman globalisasi ini, teknik mengajar konvensional seperti ceramah sudah tidak pas digunakan. Anak harus aktif dan bisa menghasilkan suatu karya. Dengan menjalankan pendidikan berbasis produk, anak akan secara otomatis melakukan kegiatan membaca demi terciptanya suatu produk yang harus dihasilkan. Dari keterpaksaan tersebut, peneliti yakin anak-anak akan terbiasa melakukan kegiatan literasi. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan desain deskriptif analitik. Penelitian ini dilaksanakan disebuah kelas nonformal berupa rumah belajar dan bermain yang telah kami dirikan beberapa bulan lalu di daerah Bandung. Hasilnya, peneliti melihat tingkat literasi anak yang meningkat setelah menghasilkan beberapa produk, seperti puisi, cerita pendek, dan lainnya. Jika terus dilaksanakan, peneliti selaku generasi milenial yakin akan mampu mengubah pola pikir anak agar peduli dengan literasi, sehingga akan terciptanya generasi emas yang berpendidikan dan mampu memimpin dunia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

klitika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the fields of the ...