Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik dan inovatif agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal khususnya dalam mata pelajaran Matematika. Upaya yang dapat memperbaiki suasana belajar yang menarik sehingga hasil belajar siswa meningkat dalam kegiatan pembelajaran melalui model  pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah    di kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Gajah Mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan design penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design dan tehnik penelitian melalui tes pilihan ganda pre test dan post test. Dimana SD Negeri Balerejo I menggunakan model Inqury dan SD Negeri Brakas menggunakan model Konvensional. Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI SD Negeri Balerejo I   memiliki rata-rata kelas sebesar 74,93 dan ketuntasan hasil belajar 100 %. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Gajah Mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak oleh karena itu guru harus terus berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran agar hasil belajar siswa terus meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020