ABSTRAKDengan makin populernya nata de coco, perusahaan skala menengah dan kecil di Bogor mulaimemasuki pasar. Ini menyebabkan persaingan pasar meningkat dan sebagai salah satu produsennata de coco, CV Citra Pangan Mandiri harus memahami perilaku konsumennya. Sebagai produkpangan, nata de coco adalah consumer driven industry, dimana keberhasilan pemasarannyatergantung pada penerimaan konsumen. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa perusahaanperlu lebih memperhatikan preferensi konsumennya. Analisis preferensi konsumen menunjukkanbahwa segmen masyarakat menengah bawah merupakan segmen yang sesuai bagi perusahaan.Untuk membedakan produknya dari pesaing, perusahaan perlu menyusun positioning sebagai“nata de coco berkualitas dengan harga bersaing” melalui strategi bauran pemasaran yangkonsisten. Di masa mendatang, terbuka peluang untuk mengembangkan pemasaran ke segmenkelas atas karena preferensi konsumen kelas atas juga bernilai positif (favorable).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2007