Jurnal Ilmiah Pertanian
Vol. 5 No. 2 (2009): Jurnal Ilmiah Pertanian

STRATEGI PEMASARAN NATA DE COCO BERDASARKAN SIKAP KONSUMEN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

EVY MAHARANI (Universitas Riau)
YENI KUSUMAWATY (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2009

Abstract

ABSTRAKSalah satu produk yang berpotensi dikembangkan untuk meningkatkan nilaitambah kelapa adalah nata de coco. Seiring permintaan dan persaingan yangmeningkat, kepuasan konsumen merupakan kunci keberhasilan pemasaran. Penelitianini dilaksanakan melalui studi kasus pada agroindustri nata de coco skala kecil diKabupaten Indragiri Hilir dan survei konsumen, yang bertujuan: 1) Mengidentifikasistrategi pemasaran saat ini, 2) Mengkaji penerimaan konsumen terhadap nata decoco merek Salju, dan 3) Merumuskan strategi pemasaran optimal berdasarkan sikapkonsumen. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan model multi atributFishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap nata decoco merek Salju bernilai positif tapi kepercayaan konsumen masih perluditingkatkan. Atribut terpenting adalah harga terjangkau (ei=2,27), tekstur yang kenyal(ei=2,13) dan suhu penyajian yang dingin (ei=1,93) sehingga bauran pemasaranoptimal harus mengutamakan atribut-atribut ini.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Pertanian (JIP) is a peer-reviewed, open-access journal that publishes original research articles regarding the advance of agriculture and land resources throughout the world. It publishes original scientific work related to strategic and applied studies in all aspects of agriculture, ...