ABSTRAKSalah satu produk yang berpotensi dikembangkan untuk meningkatkan nilaitambah kelapa adalah nata de coco. Seiring permintaan dan persaingan yangmeningkat, kepuasan konsumen merupakan kunci keberhasilan pemasaran. Penelitianini dilaksanakan melalui studi kasus pada agroindustri nata de coco skala kecil diKabupaten Indragiri Hilir dan survei konsumen, yang bertujuan: 1) Mengidentifikasistrategi pemasaran saat ini, 2) Mengkaji penerimaan konsumen terhadap nata decoco merek Salju, dan 3) Merumuskan strategi pemasaran optimal berdasarkan sikapkonsumen. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan model multi atributFishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap nata decoco merek Salju bernilai positif tapi kepercayaan konsumen masih perluditingkatkan. Atribut terpenting adalah harga terjangkau (ei=2,27), tekstur yang kenyal(ei=2,13) dan suhu penyajian yang dingin (ei=1,93) sehingga bauran pemasaranoptimal harus mengutamakan atribut-atribut ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009