DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 2, No 1 (2018): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY PADA BANGUN RUANG SISI DATAR DI SEKOLAH DASAR

Trisniawati Trisniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Di dunia yang terus berubah, mereka yang memahami dan dapat mengerjakan matematika akan memiliki kesempatan dan pilihan yang banyak dalam menentukan masa depannya. Oleh karena itu, untuk menguasai dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta mampu bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah dan kompetitif di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Melihat begitu pentingnya matematika, maka pembelajaran matematika diberikan di semua jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari sekolah dasar. Pembelajaran matematika hendaknya berpusat pada siswa dengan menggunakan berbagai macam pendekatan dan metode. Siswa dituntut mampu menemukan konsep dalam pembelajaran matematika. Siswa dituntut untuk dapat menemukan konsep sendiri melalui pembelajaran yang bermakna salah satunya pembelajaran dengan pendekatan discovery. Pendekatan discovery merupakan suatu pendekatan belajar dimana siswa dituntut mampu menemukan suatu konsep dalam belajar. Selain itu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari dimana siswa mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menganalisis, memverifikasi, membuat kesimpulan suatu konsep dalam belajar termasuk pada bangun ruang sisi datar di sekolah dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...