Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex post facto. Populasi penelitian kelas V SD se-Gugus III Kecamatan Galur tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket lingkungan keluarga dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis dekriptif dan  analisis regresi sederhana dan regresi berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersama-sama/simultan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar se-Gugus III Kecamatan Galur Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai R2 sebesar 45,7% dan thitung > ttabel (18,052 > 3,244) dengan taraf signifikansi 5%. Lingkungan keluarga yang memberikan perhatian pada pendidikan anaknya dengan baik dan didukung minat belajar peserta didik yang tinggi, berdampak pada semangat anak  dalam belajar, sehingga peserta didik mudah meraih hasil belajar yang memuaskan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020