Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, September 2019

STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KAWASAN INDONESIA –MALAYSIA-THAILAND (IMT-GT)

Yuyun Yunirti (Universitas Pasundan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di suatu Negara sangat berperan dalam menunjang pkegiatanperekonomia bangsa tersebut, demikian pula kegiatan umkm di kawsan Indonesia-Malaysia –Thailand dalam melaksanakan kegiatannya menghadapi beberapa kendala.Tiap Negara mempunyai strategi yang berbeda dalam menghadapi kendala tersebut. Metode yang dipakai dalam penulisan ini adalah metode eksploratif deskriptif. , dan hasil p-enelahhan menunjukkan bahwa pada dasrnya tiap UMKM menghadapi permasalahan yang hampir sama yaitu faktor teknologi,permodalan ,pengelolaan bahan baku dan pemsaran yang belum bisa berdaya saing di era global.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan eksploratif deskriptif dengan menganalisis strategi pengembangan UMKM di wilayah IMT-GT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pemerintah sangat dominan dalam pengembangan UMKM di wilayah IMT-GT,tetapi dalam kegiatannya masih menghadapi beberapa kendala atau hambatan terutama yang menyangkut masalah anggaran,teknologi dan promosi.Saran yang dikemukakan diantaranya diperlukan adanya kerjasama di berbagai bidang baik antar Negara IMT-GT maupun kerjasama dengan Negara lainnya agar kegiatan UMKM di kawasan ini lebih berdaya guna dan berhasil guna.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

businesspreneur

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Pemasaran Keuangan Operasi Bisnis Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Kreatifitas dan Inovasi Bisnis Pemodelan Bisnis Bisnis Syariah Etika dan Negosiasi ...