cover
Contact Name
M. Fikri
Contact Email
fikri.maulana@unpas.ac.id
Phone
+6287722000445
Journal Mail Official
businesspreneur@unpas.ac.id
Editorial Address
Jl. Lengkong Besar No. 68 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 26565099     EISSN : 26569361     DOI : http://dx.doi.org/10.23969/bp
Core Subject : Humanities, Social,
Pemasaran Keuangan Operasi Bisnis Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Kreatifitas dan Inovasi Bisnis Pemodelan Bisnis Bisnis Syariah Etika dan Negosiasi Bisnis.
Articles 75 Documents
PENGARUH POLITICAL ISSUE, SOCIAL IMAGERY, CANDIDATE PERSONALITY, SITUATIONAL CONTIGENCY DAN EPISTEMIC VALUE TERHADAP PERILAKU KEPUTUSAN PEMILIH KOTA PEKANBARU” STUDI PADA PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI RIAU 2018” Muhammad Ilham Oloan; Verinita Verinita
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, September 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetaui pengaruh Political Issue , Social Imagery, Candidate Personality ,Situational Contigency, Epistemic Value terhadap perilaku pepuutusan pemilih kota Pekanbaru pada pemilihan Gubernur Riau 2018. Untuk menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria (a) Warga Kota Pekanbaru dan Termasuk DPT di kota Pekanbaru (b)Mengikuti Pemilihan Gubernur Riau 2018. Penelitian ini menggunakan ukuran sampel sebanyak 180 responden yang didapat dari metode Hair. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan software SPSS 25. hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa political issue, Social imagery dan epistemic value berpengaruh terhadap perilaku keputusan pemilih, sementara candidate personality dan situational contingency tidak berpengaruh terhadap perilaku keputusan pemilih kota Pekanbaru. Dari nilai R2 didapat nilai sebesar 51,5%. Artinya seluruh variabel independen menjelaskan 51,5% variabel dependennya. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. KATA KUNCI : Political Issue , Social Imagery, Candidate Personality ,Situational Contigency, Epistemic Issue, Political Marketing Perilaku Keputusan Pemilih.
SENGKETA TANAH ANTARA PT.X DENGAN MASYARAKAT DI DESA DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH Afifah Khairunnisa
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, No. 1 Maret 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sengketa tanah antara PT. X dengan masyarakat di desa Damakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas dipicu dengan keinginan masyarakat tetap menggarap tanah konversi yang telah diberikan PT. X berdasarkan perjanjian antara PT X dengan masyarakat setempat. Metode yang dilkukan yaitu menggunakan jenis penelitian field research Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Data primer wawancara dengan informan yaitu kepala desa Damakradenan dan observasi lapangan. Dan data sekunder berupa dokumen, artikel jurnal, buku , internet. Masyarakat yang telah diberikan hak menggarap oleh PT X, dalam perkembangannya ingin menguasai tanah tersebut dengan dalih adanya tanah yang ditelantarkan oleh PT.X dan memohon kepada pemerintah untuk tidak memperpanjang Hak Guna Usaha ( HGU ) kepada PT. X. Walaupun sudah ada putusan pengadilan yang memenangkan PT. X tetapi masyarakat tetap menghendaki untuk menggarap tanah tersebut . Upaya yang dilakukan untuk mendamaikan sengketa tanah HGU, yaitu 1) Fasilitasi Mediasi oleh Muspika setempat antara PT. X dengan Masyarakat 2) FGD dihadiri 24 stakeholder 3) Tinjauan lapangan BPN , DPRD setempat. Tetapi belum ada titik temu. Rekomendasi : 1) Perlu dipertahankan sikap aparat baik Kepala desa, DPRD, BPN untuk netral agar terwujudnya win win solution 2) Usulan Bupati Banyumas untuk menjadikan area tersebut sebagai perusahaan garment patut diapresiasi 3) Adanya kerjasama dengan dinas pariwisata untuk dikaji agar daerah lereng perkebunan tersebut bisa dijadikan obyek pariwisata.
TINJAUAN LITERATUR KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) Sopyan Saori; Resa Nurmala; Kokom Komariah
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.3510

Abstract

Keunggulan kompetitif adalah hasil dari strategi yang direncanakan suatu usaha, baik pada sektor mikro, kecil dan menengah. Arah strategis diwujudkan melalui kemampuan menghasilkan keuntungan lebih besar dari pada pesaing. Banyak faktor yang sama pentingnya dalam menghasilkan daya saing. Beberapa di antaranya adalah faktor strategi, pengembangan sumber daya manusia, knowledge management dan peran Information & Communication Technology (ICT). Dari faktor tersebut akan menciptakan dan mempertahankan posisi yang unggul dari pesaing, yang disebut keunggulan kompetitif. Akan tetapi, pemahaman menyeluruh tentang state-of-art dari keunggulan kompetitif masih dibutuhkan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengklasifikasikan, mengidentifikasi publikasi-publikasi ilmiah dan melakukan analisis tematik terhadap literatur terkini guna menciptakan pemahaman yang ekstensif dan terperinci dibidang keunggulan kompetitif. Metode penelitian dilakukan dengan cara systematic mapping study (SMS) untuk menelaah publikasi ilmiah dibidang keunggulan kompetitif yang dihasilkan berdasarkan fokus dan tipe riset dari waktu ke waktu. Hasil penelitian ini menghasilkan kategorisasi dan kuantifikasi studi keunggulan kompetitif dalam berbagai dimensi serta ikhtisar topik dan tren penelitian saat ini.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEMASAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (SURVEY PADA PEDAGANG KALUA JERUK CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG) Fitriani Fitriani
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 1 (2020): Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu Kualitas Produk, Kemasan dan Volume Penjualan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif verifikatif untuk mengetahui gambaran objek yang sedang diteliti dan kemudian menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilakukan melalui pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam peneltian ini sebanyak 30 responden yaitu pedagang oleh-oleh makanan khas Ciwidey Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sampling jenuh. Setelah data dikumpulkan kemuadian dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan Software SPSS 12 for Windows. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang kualitas produk kemasan, volume penjualan serta mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap volume penjualan, pengaruh kualitas produk dan kemasan secara simultan terhadap volume penjualan pada pedagang makanan oleh-oleh khas Ciwidey Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bawa Kualitas Produk dan Kemasan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Volume Penjualan. Hasil perhitungan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda mendapatkan persamaan = -1.460 + 0.071 X1 + 0.030 X2 artinya peningkatan Kualitas Produk sebesar 1 satuan dan variabel lainnya konstan, sehingga Volume Penjualan akan meningkat sebesar 0.071 dan setiap peningkatan Kemasan sebesar 1 satuan dan variabel lainnya konstan, sehingga Volume Penjualan meningkat pula sebesar 0.030. Koefisien korelasi antara kualitas produk dan kemasan terhadap volume penjualan sebesar 0.938. Nilai tersebut menunjukan adanya pengaruh sebesar 87,98% yang artinya adalah kontribusi pengaruh Kualitas Produk dan Kemasan terhadap Volume Penjualan pada Oleh-Oleh Kahas Ciwidey Kabupaten Bandung adalah 87.98% dan sisanya sebesar 12.02% yang merupakan faktor-faktor lain dianggap berpengaruh tetapi diabaikan dan tidak diteliti oleh penulis.
STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KAWASAN INDONESIA –MALAYSIA-THAILAND (IMT-GT) Yuyun Yunirti
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, September 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di suatu Negara sangat berperan dalam menunjang pkegiatanperekonomia bangsa tersebut, demikian pula kegiatan umkm di kawsan Indonesia-Malaysia –Thailand dalam melaksanakan kegiatannya menghadapi beberapa kendala.Tiap Negara mempunyai strategi yang berbeda dalam menghadapi kendala tersebut. Metode yang dipakai dalam penulisan ini adalah metode eksploratif deskriptif. , dan hasil p-enelahhan menunjukkan bahwa pada dasrnya tiap UMKM menghadapi permasalahan yang hampir sama yaitu faktor teknologi,permodalan ,pengelolaan bahan baku dan pemsaran yang belum bisa berdaya saing di era global.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan eksploratif deskriptif dengan menganalisis strategi pengembangan UMKM di wilayah IMT-GT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pemerintah sangat dominan dalam pengembangan UMKM di wilayah IMT-GT,tetapi dalam kegiatannya masih menghadapi beberapa kendala atau hambatan terutama yang menyangkut masalah anggaran,teknologi dan promosi.Saran yang dikemukakan diantaranya diperlukan adanya kerjasama di berbagai bidang baik antar Negara IMT-GT maupun kerjasama dengan Negara lainnya agar kegiatan UMKM di kawasan ini lebih berdaya guna dan berhasil guna.
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN RASIO CAMEL (STUDI KASUS PADA BANK CENTRAL ASIA TBK DAN PT BANK DANAMON INDONESIA TBK) Sugiyanto .
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, No. 1 Maret 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan Bank diukur dengan analisis CAMEL pada Bank Central Asia Tbk dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara, studi pustaka yang terkait pada objek penelitian, dan data laporan tahunan. Dengan melakukan perbandingan antara teori-teori yang dipergunakan dalam penelitian dengan penerapan dalam perusahaan, kemudian disusun sedemikian rupa untuk dianalisis secara teliti kemudian dibuat kesimpulan. Objek penelitian meliputi bank Bank swasta nasional yang terdaftar di BEI yang mewakili seluruh populasi, tetapi sampel hanya diambil dari laporan keuangan Bank BCA dan Bank Danamon selama tahun fiskal 2011-2015, melalui metode penelitian perbandingan analisis deskriptif dengan keuangan. kinerja pada kedua Bank (BCA & Danamon), dapat disimpulkan bahwa kedua bank sama-sama sehat, sementara BCA memiliki peningkatan kinerja keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan Danamon.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KREDIT USAHA RAKYAT PADA UMKM DI KABUPATEN BANDUNG Yayan M Mulyana; Abdul Rosid; Nurhayati Nurhayati
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.3504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan kredit usaha rakyat untuk meningkatkan kinerja umkm di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian terdapat permasalahan kinerja UMKM yang rendah ,terlihat dari Kemampuan (knowledge + skill). pengetahuan dan pemahaman para pemilik usaha dalam mendapatkan informasi program KUR. , karena minimnya komunikasi sosialisasi pihak pemerintah melalui perbankan. Selanjutnya rendahnya motivasi pelaku UMKM/karyawan dikaitkan dengan program KUR Mikro dapat membebani pengeluaran usaha. Permasalahan tersebut disebabkan oleh implementasi kebijakan KUR belum optimal, dalam hal komunikasi serta struktur birokrasi dalam pengurusan/adminstrasi yang sulit dan berat. Metode penelitian menggunakan kualitatif-deskriftif. Berdasarkan analisis kualitatif mendapatkan hasil bahwa program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro sudah cukup siap untuk diimplementasikan, walaupun masih terdapat aspek-aspek yang belum layak yakni masih rendahnya komunikasi dan struktur birokrasi, untuk itu diperlukan peningkatan komunikasi yang efektif dan struktur birokrasi yang sederhana, sehingga cukup untuk menangani penyebab masalah yang terjadi dalam implementasi kebijakan KUR sehingga kinerja UMKM meningkat. Luaran yang ditargetkan bahwa empat aspek mulai komunikasi, sumberdaya, disposisi/sikap pelaksana, serta struktur birokrasi (mekanismen kerja) program KUR dapat tercapai, sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja UMKM.
MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MELALUI IKLIM ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA (STUDI KASUS PADA SALAH SATU CABANG PERUSAHAAN PERBANKAN DI KOTA BANDUNG) Maria Hakim
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 1 (2020): Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i1.2413

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan produktivitas kerja karyawan melalui iklim organisasi dan disiplin kerja pada salah satu cabang perusahaan perbankan di Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis jalur. Unit analisis yang diteliti adalah karyawan pada salah satu cabang perusahaan perbankan di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh iklim organisasi dan disiplin kerja secara keseluruhan terhadap produktivitas kerja yaitu sebesar 76%. Sedangkan, besarnya pengaruh faktor lain di luar iklim organisasi dan disiplin kerja yaitu sebesar 24%. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu manajemen sumber daya manusia khususnya di bidang ilmu produktivitas kerja. Penelitian ini merupakan satu-satunya penelitian mengenai peningkatan produktivitas kerja karyawan melalui iklim organisasi dan disiplin kerja di perusahaan perbankan tersebut.
PENGEMBANGAN OBYEK WISATA CIWIDEY VALLEY RESORT SEBAGAI DETERMINAN PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN Supriatna Yana Supriatna; Haryono Sudriamunawar; Waluyo Zulfikar
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, September 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ciwidey Valley Resort yang merupakan Wisata Tirta yang belamat di Jalan Raya Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat merupakan Wana Wisata buatan yang dibangun pada tahun 2015 ini menyediakan fasilitas cukup lengkap untuk wisatawan yang ingin berkunjung kelokasi wisata diantaranya ada water park air hangat, play ground, penginapan unik, camping ground dan restoran lembah ciwidey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan objek wisata ciwidey valley dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada pendapatan pengelola Ciwidey Valley dan pendapatan anggaran daerah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggdalamunakan model pengembangan menurut Syamsu (2011) Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan/dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan Teknik Keabsahan data menggunakan triangulasi. Langkah awal yang dilakukan adalah menganalisis lingkungan internal maupun eksternal untuk mengetahui bagaimana upaya pelayanan yang diberikan dalam melakukan pelayanan dan proses dalam mengemban tugas dalam pelaksanaan proses kerja. Setelah itu peneliti juga menganalisis dengan cara wawancara dengan informan yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mengetahui bagaimana pelayanan dan bagaimana proses pelayanan yang diberikan oleh semua pekerja yang ada di Ciwidey Valley Resort terhadap pengunjung Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik suatu kesimpulan, bahwa dalam upaya meningkatkan jumlah kunjuan wisatawan dengan melakukan pengembangan beberapa atraksi wisata didukung oleh meningkatkan pelayanan namun belum semua optimal.
TATA CARA PKP PEMUNGUT MELAKUKAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN DALAM TRANSAKSI PENJUALAN DAN PEMBELIAN Dusa Sumartaya
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, No. 1 Maret 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aktivitas usaha BUMN memegang peranan penting bagi negara, baik dalam pelayanan masyarakat maupun dalam efektifitas penerimaan negara, berupa penerimaan pajak maupun bukan pajak.PT XX (Persero) Kantor Pusat adalah salah satu BUMN yang melayani angkutan darat di Indonesia yang berperan besar dalam efektifitas penerimaan negara dimaksud. Kegiatan Kantor Pusat PT XX (Persero) adalah khusus mengelola assets perusahaan yang sifatnya non operasional, baik berupa bangunan maupun non bangunan yang dikerjasamakan dengan fihak ketiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah PT XX (Persero) Kantor Pusat dalam mengelola asset perusahaan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan no. 136/PMK.03/2012tentang Penunjukkan BUMN untuk Memungut, Menyetor dan Melapor Pajak Pertambahan Nilai dan Penjualan atas Barang Mewah, serta Tata Cara Pemungutan, Penyetoran dan Pelaporannya Dalam penelitian dilakukan studi lapangan , dimana dilakukan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dalam kondisi yang alami sesuai dengan keadaan nyata. Penelitian kualitatif ini akan mendapatkan data yang diartikan sebagai fakta atau informasi dari aktivitas pelaku, di lokasi yang merupakan subyek penelitian Dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya PT XX (Persero) Kantor Pusat selaku Pengusaha Kena Pajak (PKP) Pemungut telah melakukan Pemungutan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dengan mengacu kepada beberapa peraturan yang mengatur tentang BUMN dan peraturan yang berkaitan dengan perpajakan. Dapat disimpulkan bahwa PT XX (Persero) Kantor Pusat telah menjalankan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan no. 136/PMK.03/2012