Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1, No 1 (2012)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS VIII MTS N-3 MEDAN

Ratni Sirait (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester I pada materi pokok Usaha dan Energi di MTs N 3 Medan T.P 2010. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah36 orang. Hasil analisis data melalui uji t menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 1,71 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, artinya Ha diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII semester I MTs N 3 Medan.

Copyrights © 2012