Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Vol 14, No 1 (2017): JMK Edisi Juni 2017

CITARASA DAN KERAGAMAN MENU DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN NASI UDUK BETAWI MPOK TIYAH

Mursida Kusuma Wardhani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Anna Wulandari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citarasa dan keragaman menu terhadap kepuasan konsumen nasi uduk betawi Mpok Tiyah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif tipe verifikatif yaitu menguji pengaruh antar variabel. Data Penelitian diperoleh dari jawaban kuisioner penelitian yang dibagikan kepada 50 konsumen nasi uduk betawi Mpok Tiyah yang pernah membeli lebih dari satu kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling.Metode Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Ganda. Dengan metode regresi linier ganda maka tahapan analisis meliputi uji asumsi klasik, uji model menggunakan Uji-F untuk menjelaskan kemampuan model dengan melihat nilai R Square, dan Uji-t untuk menguji hipotesis.Hasil penelitian menunjukan bahwa model penelitian memiliki kelayakan yang baik (goodness of fit test) karena dalam model penelitian (Nilai R2 = 0.248 dan Sig. F = 0,001); variabel Citarasa dan Keragaman Menu secara bersama-sama mampu menjelaskan 24.8% variasi Kepuasan. Citarasa berpengaruh terhadap kepuasan dengan arah positif (b1 = 0.202), artinya semakin meningkat citarasa yang dirasakan konsumen akan membuat kepuasan konsumen semakin meningkat. Keragaman Menu berpengaruh terhadap Kepuasan dengan arah positif (b2 = 0.248) artinya semakin meningkat keragaman menu yang disajikan untuk konsumen akan meningkatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan hipotesis menunjukan bahwa Citarasa (X1) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kepuasan (Y) sedangkan Keragaman Menu (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen. Kata Kunci: Citarasa, Keragaman Menu, Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, ...