Jurnal Pengembangan Wiraswasta
Vol 18, No 1 (2016): JPW Edisi April 2016

PENGARUH KEPUASAN NASABAH DAN MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT ASURANSI JIWA MANULIFE INDONESIA

Ayu Annisa (Unknown)
Rasipan Rasipan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

Keputusan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh veriabel kepuasan nasabah dan media iklan. Sejalan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepuasan nasabah dan media iklan terhadap keputusan konsumen.Penelitian ini dilakukan pada PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang menggunakan asuransi. Sedangkan waktu penelitian yang dijadwalkan hingga rampung hasil penelitian ini diperkirakan kurang lebih tiga bulan dimulain dari bulan November 2015 sampai dengan bulan Januari tahun 2016. Populasi yang diambil adalah jumlah dari pengguna PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) tahun 2015 yakni sebesar 20.966. dimana dengan menggunakan slovin dengan didapat 100 konsumen.Pada uji kebaikan model menujukkan variabel pada penelitian ini dikatakan mendekati baik dengan dilihat Kisarannilai R adalah 0 hingga 1. Semakinnilai R mendekatiangka 1, makasemakinkuatvariabel-variabelbebasmemprediksikanvariabelterikat.Namun, ketepatannilai R inilebihdisempurnakanolehkolom Adjusted R Square yang merupakankoreksiatasnilai R, nilai R = 0.349 artinya mendekati satu dan dapat dikatakan baik serta signifikan. Selanjutnya diliat dari tabel anova untuk mengetahui secara keseluruhan variabel penelitian untuk peningkatan keputusan konsumen pada penggunaan jasa asuransi pada Manulife.persamaan regresi yang terbentuk dari hasil tersebut adalah :Y = 1.435 + 0,347 X1 + 0,588 X2.Adapun uji hipotesis menggunakan uji t dengan hasil  variabel kepuasan konsumenterhadap keputusan konsumen diperoleh nilai sig. 0.004< 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel media iklanterhadap keputusan konsumen diperoleh nilai sig. 0.000< 0,05sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Key words:Kepuasan Nasabah, Media Iklan, Dan Keputusan Pembelian Konsumen

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpw

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengembangan Wiraswasta is a national journal intended to develop entrepreneurship. This journal contains articles on various issues in the field of social sciences and humanities in the economic field. In particular, this journal raises various management issues related to entrepreneurship ...