ECSOFiM (Economic and Social of Fisheries and Marine Journal)
Vol 2, No 1 (2014)

FAKTOR – FAKTOR KINERJA KARYAWAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (NELAYAN) UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) DI PELABUHAN PONDOK MIMBO KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO JAWA TIMUR

Hidayat, Taufik (Unknown)
Riniwati, Harsuko (Unknown)
Harahab, Nuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Pondok Mimbo dengan objek nelayan di sekitar dan para tenaga kerja kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Pondok Mimbo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo Jawa Timur pada tanggal 1 – 31 Agustus 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu Profil dan mekanisme kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di Pelabuhan Pondok Mimbo, Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan (Y1) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yaitu motivasi (X1), peluang (X2) dan kemampuan (X3), Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan (nelayan) (Y2) yaitu fasilitas (X1), harga (X2) dan pelayanan (X3). Unit  Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Pendaratan Ikan sebagaimana tugas  mempunyai membantu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dalam melaksanakan urusan di bidang teknis operasional pengelolaan pusat pendaratan ikan. Faktor-faktor kinerja yang diduga ialah motivasi, peluang dan kemampuan. Dari hasil uji t dapat disimpulkan X1 dapat diketahui bahwa t hitung (3,306) > t tabel (2,052) jadi hipotesis nol ditolak, kesimpulannya yaitu motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, Dari hasil uji t dapat disimpulkan X2 dapat diketahui bahwa t hitung (0,679) < t tabel (2,052) jadi hipotesis nol diterima, kesimpulannya yaitu peluang tidak berpengaruh signifikan  terhadap kinerja, Dari hasil uji t dapat  disimpulkan X3 dapat diketahui bahwa t hitung (0,107) < t tabel (2,052) jadi hipotesis nol diterima, kesimpulannya yaitu kemampuan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Faktor-faktor kepuasan pelanggan  yang diduga ialah fasilitas, harga dan pelayanan. Dari hasil uji t dapat disimpulkan X1 dapat diketahui bahwa t hitung (2,881) > t tabel (2,042) jadi hipotesis nol ditolak, kesimpulannya yaitu fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Dari hasil uji t dapat disimpulkan X2 dapat diketahui bahwa t hitung (0,638) < t tabel (2,042) jadi hipotesis nol diterima, kesimpulannya yaitu harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Dari hasil uji t dapat disimpulkan X3 dapat diketahui bahwa t hitung (2,598) > t tabel (2,042) jadi hipotesis nol ditolak, kesimpulannya yaitu pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.   Kata Kunci : Faktor-faktor Kinerja Karyawan, Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ecsofim

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

ECSOFIM is an open-access journal, which became a scientific forum for students, lecturer, and researchers to publish the results of research within the scope of "Economic and Social Fisheries and Marine Sciences". This journal contains research results related to the research fields of economic ...