Jurnal Math-UMB.EDU
Vol 7, No 1 (2019): Volume 7 Nomor 1, Tahun 2019

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Khuzaini, Nanang (Unknown)
Nurjanah, Ma’ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika menggunakan aspek-aspek matematis pada tradisi pernikahan Yogyakarta untuk pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Ada tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi statistika berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian dilihat dari aspek kevalidan adalah sangat valid dengan skor 4,24. Dilihat dari aspek kepraktisa adalah sangat praktis dengan skor 4,24, dan dari aspek keefektifan adalah sangat efektif dengan skor 3,95.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...