INSPIRASI (JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL)
Vol 16, No 1 (2019)

PERBEDAAN PENGGUNAAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN KEPERAWATAN SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017-20

UMI - MUTHOHAROH (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara Pembelajaran  Kooperatif Tipe Problem Base Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa  kelas XII Kompetensi Keahlian Keperawatan SMKN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017-2018.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif karena bertujuan untuk membandingkan keberadaan variable-variabel pada dua sampel atau lebih sampel yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Dalam hal ini variable yang akan diteliti adalah motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis antara dua kelas eksperimen yang diberi perlakuan. Penelitian ini juga menggunakan desain eksperimen dengan bentuk desainnya adalah non equivalent comparation group design (pre-test dan post-test) karena kedua kelompok eksperimen tidak dipilih secara random dan bertujuan untuk membandingkan perbedaan setelah diberikan perlakuan untuk kedua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Keperawatan SMKN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 50 orang   yang   terbagi   dalam   dua kelas, yaitu kelas XII KPR-1 sebanyak 25 orang dan XII KPR-2 sebanyak 25 orang.Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan angket kemampuan berpikir kritis. Analisis data instrumen yang digunakan adalah  validitan dan normalitas angket. Analisis hipotesis yang digunakan adalah normalitas homogenitas, , uji general linear model, uji kesamaan matrik-kovarian uji signifikansi multiivariat dan uji  signifikansi univariat.Berdasarkan hasil penelitian (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi pada tes uji signifikansi univarian sebesar 0,974 atau 0,05. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi pada tes uji signifikansi univarian sebesar 0,502 atau 0,05. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis sesuai pada tes uji signifikansi univarian  yang menunjukkan tidak adanya interaksi antara model dan variable motivasi dan kemampuan berpikir kritis. (4) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan atau pengaruh yang sangan kecil sekali antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap motivasi dan kemampuan berpikir krtis, sesuai dengan uji multivarian yang  menunjukkan angka wilk`k lamda sebesar 0,987 yang mendekati 1 yang artinya terdapat pengaruh yang kecil model pembelajaran terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inspirasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The management team received scientific papers both in the form of research results and thought results in IPS education Âand social ...