INSPIRASI (JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL)
Vol 13, No 3 (2016)

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POGALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ida Puji Rahayu (Unknown)
Rahyu Setiani (Unknown)
Mahardini Resti Nuswantari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2017

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.Kepercayaan diri dan disiplin belajar merupakan faktor internal yang penting.Dengan percaya diri siswa akan mampu mengembangkan kemampuannya.Sejalan dengan itu, dengan disiplin belajar kegiatan belajar mengajar akanberjalan lancar, dan siswa akan lebih meningkatkan belajarnya gunamemperoleh prestasi yang diinginkan. Berdasarkan analisis data diperoleh (1)terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasibelajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 23,268 F tabel pada N = 60 dengan tarafsignifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a1 diterima. (2)terdapat penagaruh yang signifikan antaran disiplin belajar terhadap prestasibelajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 13,705 F tabel pada N = 60 dengan tarafsignifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a2 diterima. (3)terdapat penagaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajarterhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalantahun pelajaran 2015/2016, dengan F hitung sebesar 3,49 F tabel pada N = 60dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 3,16 berarti H 0 ditolak dan H a3diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Adapengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajarmatematika siswa kelas VII SMP Negeri 1Pogalan tahun pelajaran 2015/2016.Kata Kunci: Disiplin belajar, Kepercayaan diri, Prestasi belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

inspirasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The management team received scientific papers both in the form of research results and thought results in IPS education Âand social ...