Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.Kepercayaan diri dan disiplin belajar merupakan faktor internal yang penting.Dengan percaya diri siswa akan mampu mengembangkan kemampuannya.Sejalan dengan itu, dengan disiplin belajar kegiatan belajar mengajar akanberjalan lancar, dan siswa akan lebih meningkatkan belajarnya gunamemperoleh prestasi yang diinginkan. Berdasarkan analisis data diperoleh (1)terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasibelajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 23,268 F tabel pada N = 60 dengan tarafsignifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a1 diterima. (2)terdapat penagaruh yang signifikan antaran disiplin belajar terhadap prestasibelajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 13,705 F tabel pada N = 60 dengan tarafsignifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a2 diterima. (3)terdapat penagaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajarterhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalantahun pelajaran 2015/2016, dengan F hitung sebesar 3,49 F tabel pada N = 60dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 3,16 berarti H 0 ditolak dan H a3diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Adapengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajarmatematika siswa kelas VII SMP Negeri 1Pogalan tahun pelajaran 2015/2016.Kata Kunci: Disiplin belajar, Kepercayaan diri, Prestasi belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016