Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 7 No 2 (2018)

VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Ernawati, Dwi (Unknown)
Kuntjoro, Sunu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) merupakan salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan waktu lebih banyak kepada siswa untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu dalam kegiatan kelompok untuk memecahkan suatu permasalahan. Model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) memiliki tiga fase tahapan antara lain: fase think, fase pair, dan fase share. Sedangkan, Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan yang melibatkan pemahaman dan menilai suatu tindakan seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, menganalisis asumsi maupun melakukan sebuah penelitian. Materi perubahan lingkungan merupakan materi kontekstual yang berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa perlu dilatih untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah secara langsung melalui kegiatan diskusi maupun percobaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi perubahan lingkungan siswa kelas X SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data menggunakan metode instrumen analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dikembangkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan siswa kelas X SMA yang valid. LKS memperoleh rata-rata skor validitas sebesar 3,78 untuk LKS 1 dan 3,77 untuk LKS 2 dengan kategori sangat valid. Kata Kunci: LKS, TPS (Think-Pair-Share), Keterampilan Berpikir Kritis, Perubahan Lingkungan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...