Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 9 No 1 (2020)

Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA

Herianto, Intan Zusvie (Unknown)
Indana, Sifak (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan kemampuan berfikir secara ilmiah, kritis, dan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan kemampuan dan membuat keputusan. Kemampuan literasi sains dalam pembelajaran perlu difasilitasi dengan bahan ajar yang sesuai antara lain Lembar KegiatanSiswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL merupakan pembelajaran yang menekankan proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan ke dalam situasi yang nyata. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan keefektifan dan menghasilkan LKS berbasis CTL materi psikotropika untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Tahapan model pengembangan ini adalah define (pendefinisian), design (perencanaan), develope (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), tetapi pada tahap disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018-Mei 2019. Metode pengumpulan data yaitu metode validasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi LKS berbasis CTL, lembar tes, dan lembar angket respon siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mendapatkan validitas skor sebesar 3,63 dengan kategori sangat valid. Selain itu, hasil belajar memperoleh ketuntasan rata-rata 82%, ketuntasan indikator pembelajaran rata-rata 90,8%, serta respons positif siswa sebesar 97% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data hasil belajar dan respons siswa tersebut, maka LKS dinyatakan efektif. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas dan keefektifan LKS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...