Bahasa merupakan sarana dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan bahasa akan optimal apabila dibantu dengan stimulasi orangtua. Pola asuh orangtua yang baik akan meningatkan kemampuan berbahasa yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dengan anak di TK Aisyiyah 2 Palembang dengan jumlah 65 ibu dengan anak usia 4-6 tahun. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 21 ibu dengan anak kelas B2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 0,5 didapat adalah r hitung > r tabel (0,84 > 0,43), hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel x (pola asuh orangtua) dengan variabel y (perkembangan bahasa) yang positif kuat dan signifikan. Maka hipotesis Ha diterima Ho di tolak sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 2 Palembang.
Copyrights © 2019