Abstrak:Model pembelajaran round club merupakan cara yang efektif bagi peserta didik dalam memberikan konstribusi mereka dan pandangan atau pemikiran anggota lain tentang tugas yang sedang mereka kerjakan. Model pembelajaran round club membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak hanya terpaku pada satu arah. Artinya peserta didik akan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran dilakukan sebuah tes motivasi belajar untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pembelajaran tersebut. maka dari itu model pembelajaran round club dalam penyampaian ide-ide atau pendapat peserta didik serta peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik. Round Club atau keliling kelompok merupakan model belajar mengajar yang bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik. Dalam kegiatan keliling kelompok masing-masing anggota dalam anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota yang lain. Dengan demikian penulis tertarik, membuat penelitian dengan judul, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SDN 92 PALEMBANG”. Melalui Model Pembelajaran Round Club sangat efektif, dengan pengertian bahwa pola ini telah berhasil mengangkat kemampuan menulis siswa sehingga menurunkan akumulasi nilai C dan E baik berdasarkan indikator kinerja final line maupun berdasarkan hasil tes diagnostik. Berdasarkan indikator kinerja pada akhir Siklus II akumulasi nilai C dan E turun menjadi 15,79% (tidak ada siswa mendapat nilai E) dari target 25,06%. Dengan demikian, meskipun masih terdapat siswa yang berada pada nilai C, secara keseluruhan dampak yang telah diberikan dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Pembelajaran Round Club Pada SDN 92 Palembang sudah sangat signifikan. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Round Club
Copyrights © 2020