Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 1 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Media Pembelajaran Dadu Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia dini Kelompok B Di Tk Bina Vita Palembang

Kurniawati, Melynda Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

ABSTRAKPada masa ini anak perlu diberikan stimulus yang benar-benar sesuai dengan tahap perkembangan usia anak, dimana pada tahap ini anak mengalami kemampuan yang sangat kuat dalam semua aspek perkembangan salah satunya aspek kemampuan kognitif (berhitung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dadu angka terhadap kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B Tk Bina Vita Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen,. Metode ekperimen menggunakan true eksperimental design, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk desain Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50 orang anak dimana 25 orang anak berperan sebagai kelas eksperimen dan 25 orang anak berperan sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran dadu angka terhadap kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B Tk Bina Vita Palembang dengan perolehan data Rata-rata kemampuan kognitif (berhitung) posttest kelompok eksperimen sebesar 61,54 dengan kriteria Sesuai, sedangkan rata-rata pretest kemampuan berhitung anak kelas eksperimen sebesar 49,00 dengan kriteria Tidak Sesuai dan dengan hasil uji-t yaitu thitung > ttabelatau 4,09 > 1,711 dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk = 25 – 1 = 24 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci : Pembelajaran Dadu Angka, Kognitif, Anak Usia Dini ABSTRACTAt this time the child needs to be given a stimulus that is really in accordance with the stage of development of the childs age, where at this stage the child experiences a very strong ability in all aspects of development, one of which is the cognitive ability aspect (counting). This study aims to determine the effectof dice learning media numbers on the cognitive abilities of early childhood group B Tk Bina Vita Palembang. This research uses quantitative research with experimental research methods, the experimental method uses true experimental design, the research design used in this study is a posttest only control deign. The sample in this study consisted of 50 children in which 25 children acted as the experimental class and 25 children acted as the control class. The sampling method in this study uses the random technique. The results of this study indicate the influence of dice learning media numbers on the cognitive abilities of early childhood group b Tk Bina Vita Palembang with data acquistion the average cognitive ability (counting) of the experimental groups was 61,54 with corresponding criteria, whilw the average prettest ability counting experimental class children is 49,00 with the criteria not matching and with the results of the t-test that is thitung > ttabel or 4,09 > 1,711 with a significant level (α) 0,05 and dk = 25 – 1 = 24 then Ho is rejected and is accepted.Keywords : Dice Learning Numbers, Cognitive, Early Childhood.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...