Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERPUSAT (FOCUS GROUP DISCUSSION)TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS MURID KELAS V SD NEGERI II BONE-BONE KOTA BAUBAU

Hijrawatil Aswad (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Abstrak : Pembelajaran yang terlaksana di sekolah dasar, khususnya pada proses pembelajaran IPS pada proses transfer terjadi guru hanya terpusat pada buku dan tidak menggunakan berbagai metode  dalam pembelajaran, murid hanya berperan sebagai pendengar dan pencatat, guru kurang memberi kesempatan kepada murid untuk mengemukakan pendapatnya, sehingga didalam proses pembelajaran murid hanya terkesan diam dan tidak berperan aktif didalam kegiatan belajar mengajar, hal ini menyebabkan kurangnya motivasi murid dalam belajar.  Sehingga metode FGD menjadi alternatif untuk memotivasi murid dalam belajar khususnya pada pembelajaran IPS. FGD sebagai bentuk diskusi yang menggali lebih dalam pemahaman murid terhadap suatu topik pembelajaran yang dipelajari yang dapat menarik perhatian murid sehingga dapat memotivasi mereka dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain True Eksperimental Design adalah penelitian yang benar-benar untuk melihat hubungan sebab-akibat”.Peneliti menggunakan ekperimen dikarenakan ingin memanipulasi variabel dengan memberikan perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan metode FGD terhadap motivasi belajar IPS murid kelas V SDN II Bone-bone Kota Baubau. Hasil penelitian nantinya diharapkan menjadi acuan atau referensi bagi yang akan melakukan penelitian berikutnya, serta dijadikan sebagai metode pembelajaran di sekolah.Kata kunci : Metode FGD, Motivasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...