Abstrak :Berdasarkan hasil penelitian PTK ini menunjukkan Metode Quantum Reading untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas 2 SD Negeri 93 Palembang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia khususnya kegiatan menyimak, berbicara, membaca dan menulis mencapai 87,50 %. Aktivitas anak dalam belajar bahasa Indonesia juga ikut meningkat sampai 81,99 %. Peningkatan yang ditunjuk-kan melalui penelitian ini dapat menjadi motivasi guru sekolah dasar untuk menggu-nakan Metode Quantum Reading dalam pembel-ajaran di kelas. Ada beberapa hal yang belum diukur keberhasilannya dalam proses pembelajaran terutama dalam penilaian aktivitas pembelajaran yaitu penyediaan jam kedatangan, pohon prestasi, dan kotak saran. Fasilitas ini disediakan peneliti untuk mendu-kung proses Metode Quantum Reading untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas 2 SD Negeri 93 Palembang dan merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran Metode Quantum Reading. Kata kunci: Metode Quantum Readingm, Keterampilan Membaca
Copyrights © 2020