Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 1 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH PERMAINAN BOLA BERANTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARGODADI KEC. SS III KAB. OKUT

Windasari, Agnes (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan bola beranting terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Margodadi Kecamatan Semendawai Suku III Kabupaten Oku Timur. Motorik kasar adalah kemampuan anak yang digunakan untuk mengontrol otot-otot besar, meliputi kemampuannya untuk melempar, menangkap, dan berlari. Perkembangan  motorik kasar anak kelompok B di TK Margodadi belum berkembang kasar secara optimal. Mengingat hal tersebut peneliti mencoba mengembangkan motorik kasar anak menggunakan permainan bola beranting. Dari latar belakang tersebut, dapat diambil rumusan  masalah  adakah pengaruh permainan bola beranting terhadap perkembngan motorik kasar pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini terdapat 18 orang anak yang dijadikan sebagai sampel. Metode pengambilan sampel dalam penelitian  ini menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh permainan bola beranting terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Margodadi Kec. SS III Kab. OKUT dengan perolehan data rata-rata pretest pada awalnya sebesar 28,27 lalu meningkat pada saat posttest dengan hasil rata-rata sebesar 73,11 dan thitung>ttabelatau 19,09>1,73 dengan taraf signifikan (ɑ) 0.05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yakni jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci :Perkembangan Motorik Kasar, Permainan Bola Beranting

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...