ABSTRAK : Perkembangan bahasa merupakan salah satu kemampuan dasar pada anak usia dini sebagai stimulus anak untuk dapat melakukan komunikasi dengan orang lain, dengan demikian upaya menstimulus perkembangan anak usia dini melalui bermain. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran bermain telepon kaleng terhadap aspek perkembangan bahasa terutama dalam kemampuan berbicara pada anak kelompok B di SPS Baiturrahman Prabumulih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen Pre-Eksperimental Design One-Group Pretest-Posttest, kegiatan yang dilakukan pada saat penilitian yaitu peneliti memberikan perlakuan Pretest-treatment-Posttest di kelompok B1 yang berjumlah 14 orang anak.  Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari media pembelajaran bermain telepon kaleng terhadap aspek perkembangan bahasa terutama dalam kemampuan berbicara pada anak kelompok B di SPS Baiturrahman Prabumulih dengan perolehan data rata-rata Pretest yang pada awalnya kelas eksperimen sebesar 26,92 dengan kriteria “tidak sesuai†lalu meningkat pada saat Posttest dengan nilai rata-rata 110,07 “sesuaiâ€. Lalu thitung = 4,67 > ttabel = 3,68 dengan taraf signifikan (a) = 0,05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yakni jika thitung > ttabel maka maka Ha diterima dan Ho ditolak.Â
Copyrights © 2019