Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang Provinsi Banten, Tahun Ajaran 2017/208)

Suryadi Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemendirian anak melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang terdiri dari masing-masing 4 (empat) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang yang berjumlah 10 orang siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yaitu melihat hasil yang diperoleh dari data siklus I dan Siklus II. Data kualitatif dengan menggunakan teknik Miles Huberman dengan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak setelah diberikan intervensi dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemandirian, Metode pembelajaran Berbasis Masalah 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...