Jurnal e-Komunikasi
Vol 2, No 2 (2014)

PENERIMAAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP UJIAN NASIONAL DALAM FILM SERDADU KUMBANG

Juang, Caroline J.S ( Petra Christian University)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan guru sekolah dasar terhadap Ujian Nasional dalam film Serdadu Kumbang. Film ini merupakan salah satu film tentang pendidikan yang mengangkat masalah Ujian Nasional.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis penerimaan. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini memberikan gambaran bagaimana informan yang berprofesi sebagai guru menerima pesan mengenai Ujian Nasional yang ada dalam film Serdadu Kumbang.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pemaknaan yang diberikan informan dipengaruhi oleh latar belakang pemahaman dan pengalaman mereka masing-masing. Informan pertama dan ketiga memiliki penerimaan opposisional, sedangkan informan kedua memiliki penerimaan negosiasi. Penerimaan kedua informan tersebut dilatarbelakangi oleh pengalaman mereka yang sama-sama pernah mengajar di daerah dan kini bertugas di kota. Sedangkan informan ketiga dilatarbelakangi oleh pengalamannya mengajar di daerah dengan lingkungan sosial dan keadaan ekonomi yang terbatas menyebabkan informan minim mengonsumsi media dan tidak berkembang, sehingga kondisi tersebut berpengaruh pada penerimaannya terhadap Ujian Nasional dalam film Serdadu Kumbang.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...