Jurnal e-Komunikasi
Vol 1, No 2 (2013)

MOTIVASI PASIEN DALAM MEMILIH NATIONAL HOSPITAL SEBAGAI TEMPAT BEROBAT: (SEBUAH PENDEKATAN TEORI EXPECTANCY – VALUE MODEL)

Lianto, Melviana Aurelia ( Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja motivasi pasien dalam memilih National Hospital sebagai tempat mereka berobat. Pendekatan penelitian ini memakai teori expectancy value model yang kemudian diturunkan menjadi teori motivasi. Sehubungan dengan adanya peraturan menteri kesehatan yang melarang rumah sakit untuk melakukan promosi, maka ini menjadi kendala National Hospital dalam memperkenalkan rumah sakitnya yang masih baru, sehingga penelitian mengenai motivasi pasien diperlukan. Dimensi dari motivasi tersebut adalah motif fungsional, motif estetika – emosional, motif sosial, motif situasional, dan motif keingintahuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis choice model prediction dan metode survei untuk mendeskripsikan motivasi pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tertinggi dari motivasi pasien dalam memilih National Hospital sebagai tempat berobat adalah motivasi fungsional.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...